-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Loading...
Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja
Dalam dunia kerja , surat pengalaman kerja menjadi salah satu hal yang penting bagi seseorang. Karena surat ini mampu menjadi salah satu nilai plus bagi anda dalam melamar sebuah pekerjaan. Surat pengalaman kerja sendiri yaitu surat pernyataan resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk diberikan kepada karyawan yang sudah mengundurkan diri atau tidak bekerja lagi pada perusahaan tersebut. Namun perlu diingat , sudah pengalaman kerja ini biasanya hanya dikeluarkan bagi karyawan yang mengundurkan diri secara baik-baik dan masih memiliki relasi yang baik terhadap perusahaan tersebut.

Oleh alasannya yaitu hal itu , biasanya surat ini membuktikan bahwa anda merupakan salah satu pergawai yang baik selama masa kerja di perusahaan yang lama. Surat ini umumnya dikeluarkan oleh bagian kepegawaian / personalia disebuah perusahaan tertentu , namun juga tidak menutup kemungkinan pribadi dikeluarkan oleh administrator perusahaan.

Mengenai fungsinya , surat lamaran pekerjaan ini biasanya juga dilampirkan pada surat lamaran pekerjaan. Karena tidak sedikit perusahaan yang meminta surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Tujuannya tentu saja semoga mereka dapat memilih karyawan yang benar-benar berkualitas untuk perusahaan mereka. Surat pengalaman kerja sendiri dapat dikeluarkan bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari satu tahun.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa tips dalam membuat surat pengalaman kerja. Salah satu tipsnya yaitu surat yang anda buat atau lampirkan harus mengandung beberapa unsur mirip yang ada di bawah ini. Apa saja kira-kira? Mari simak ulasan lengkapnya.

1. Kepala Surat

Unsur yang pertama yaitu Kepala Surat , dalam kepala surat harus tercantum nama perusahaan , alamat , nomor telepon , website dan email (apabila ada)

2. Nomor Surat

Unsur yang berikutnya yaitu nomor surat. Apabila mencantumkan nomor surat , pastikan surat tersebut dibuat dalam waktu akrab .

3. Pengesahan

Pengesahan yaitu hal yang penting. Dalam surat ini diharapkan juga keterangan mengenai orang yang mengesahkan surat pengalaman kerja tersebut yang meliputi , nama , jabatan dan alamat yang ditulis dengan benar dan tepat.

4. Isi surat

Yang selanjuntya yaitu isi surat. Isi surat merupakan keterangan perihal karyawan bersangkutan yang juga meliputi nama , alamat , rentang waktu ia bekerja serta pernyataan-pernyataan pendukung lainnya.

5. Tanda tangan dan stempel (jika ada)

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Untuk lebih jelasnya , di bawah ini kami berikan sebuah referensi surat pengalaman kerja.

PT. Berkah Lestari
Jl. Mataram No. 78 Jakarta
Website: www.berkahlestari.com , Telp: (021) 1234567 , Faks: (021) 5678230
=========================================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 15/HRD/V/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama      : Dina Mentari , S.H
Jabatan   : Direktur PT. Berkah Lestari
Alamat    : Jl. Mataram No. 78 Jakarta
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama      : Jenita Cahya Ningrum , S.E
Alamat    : Jl. Dempo III No. 65 Jakarta

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung semenjak 01 Januari 2012 hingga dengan 31 Desember 2016 , dengan jabatan terakhir sebagai Manager Keuangan.

Selama menjadi karyawan kami , Saudari Jenita Cahya Ningrum , S.E telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melaksanakan hal-hal yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta , 09 Januari 2017




Dina Mentari , S.H
Direktur

Contoh surat pengalaman kerja diatas menjadi penutup perjumpaan kita kali ini. Sampai jumpa diulasan menarik yang berikutnya. Semoga bermanfaat.