-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Tips dan Pengalaman Menghadapi UNBK (SMA/SMK 2017)

Loading...

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Base Test yang biasa disingkat dengan UNBK/CBT adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya , UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.


saya ingin mengshare sedikit pengalaman saya
Setelah pelaksanaan UNBK  di empat hari pertama yang telah diselenggarakan pada  3-6 April 2017 di sma negeri 3 kupang (ket: provinsi NTT UN untuk sma dimajukan bersamaan dengan smk karena hari raya keagamaan yaitu paskah dan jumat agung , bagi dominan penduduk kristen disini) ,untuk sahabat yang belum mengikuti un semoga dapat mengikuti UNBK dengan rasa nyaman dan siap mental  disamping persiapan dalam belajar. berikut beberapa fakta yang menurut saya menarik. Yuk simak!

Fakta menarik Ujian Nasional Berbasis Komputer

A. Kelebihan

1. Siswa Mengerjakan Soal Ujian Lebih Efisien dalam Waktu

Fakta ini seakan terabaikan oleh para siswa dan orang tua. Bahwa dengan menggunakan sistem yang ada pada UNBK siswa tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam pengisian biodata yang wajib diisi pada LJK. Biasanya mengerjakan sistem manual di LJK mampu memakan waktu hingga 5 menit atau lebih , belum lagi resiko salah isi , akan membuat siswa tidak lulus karena nilainya tidak ada yang punya.

Sementara pada UNBK kamu cukup memasukkan Username dan Password di komputer kawasan UNBK maka kamu pun sudah mampu pribadi menjawab dengan tenang.

2. Tidak Perlu Takut Gaptek

Buat kau yang kurang lihai atau hebat dalam menggunakan komputer tidak perlu khawatir karena siswa tidak akan kesulitan. Pasalnya siswa akan dipandu oleh orang-orang profesional di bidangnya mirip Proktor dan Teknisi yang berasal dari sekolah asal. Dipastikan tak akan menyulitkan siswa dalam mengerjakan meskipun bukan orang yang hebat menggunakan komputer.

3. Nilai Kejujuran dalam Mengerjakan Soal

Kejujuran merupakan hal yang pasti akan siswa dapatkan ketika menggunakan sistem UNBK ini. Pasalnya resiko terjadi kecurangan atau manipulasi data , kebocoran soal dan lain sebagainya akan semakin tipis. telah disiapkan oleh pemerintah ribuan soal yang berbeda dengan contoh teracak sehingga kecil peluangnya bagi siswa yang satu bertanya pada siswa lainnya. Baik itu siswa maupun orang tua jangan takut untuk menggunakan sistem UNBK ini , pasalnya ini merupakan langkah untuk membuat penerima ujian bisa jujur dan serius dalam belajar.

4. Siswa Tidak Takut Tidak Lulus

Mulai tahun kemarin yakni 2015 , kelulusan sepenuhnya akan ada di tangan pihak sekolah. Sementara nilai UN ini berapapun tidak lagi menjadi faktor penentu kelulusan , hanya saja nilai yang tinggi akan membuat kau mudah untuk melanjutkan ke jenjang yang berikutnya.

5. Sistem UNBK Bersifat Semi Online

 Pada waktu sebelum ujian , pihak sekolah telah mendownload dari server pusat kumpulan soal yang akan digunakan dalam UN , sehingga pelaksanannya di sekolah tidak akan terganggu jika  ada kendala mirip listrik padam. Pada waktu ujian laptop/ komputer yang kalian gunakan hanya akan terakses pada server lokal milik sekolah sehingga kalian tidak mampu mengakses internet. Pengumpulan jawaban kalian baru akan dikirimkan ke pusat setelah ujian final berlangsung.

6. Komputer Rusak/Listrik Padam Tidak Mengurangi Waktu Ujian dan Kehilangan Jawaban

Hal yang sering dikhawatirkan oleh siswa penerima UNBK yaitu komputer rusak/listrik padam. Namun hal mirip ini tidak perlu dikhawatirkan lagi , kalian mampu menghubungi teknisi atau proktor di dalam ruang ujian kalau ada problem pada komputer yang digunakan otomatis kalian akan dipindahkan posisinya ke komputer cadangan. Komputer cadangan yang tersedia di dalam suatu ruangan minimal ada 4. Pada waktu login di komputer cadangan jawaban yang telah kau isi sebelumnya tidak akan hilang dan waktumu akan diubahsuaikan dengan waktu awal ketika mengalami gangguan.hal serupa juga berlaku kalau terjadi pemadaman listrik.

7. Memudahkan dalam pengamanan logistik , serta lebih kecil kemungkinan  terjadi keterlambatan naskah soal , tertukarnya naskah soal , dan ketidakjelasan hasil cetak naskah soal

8. Tidak ada kerumitan pengumpulan lembar jawaban

9. Lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan misalnya , untuk low vision goresan pena dan gambar mampu diperbesar

10. Hasil UN mampu diumumkan secara lebih cepat , sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk masuk ke dunia kerja

Dibalik kelebihan tersebut terdapat juga beberapa kelemahan sistem ini yang saya alami sendiri disekolah saya diantaranya sebagai berikut:

B. Kelemahan


1.Kesalahan Soal UNBK SMA


Kesalahan: 
1. Ada beberapa penerima UNBK di NTT ,Nomor soal 26 Matematika TIDAK ADA SOALNYA alias nomor kosong
2. Ada beberapa soal Matematika yang mempunyai obsen jawaban SAMA
3. Soal ihwal Deret Geometri , Ditanya panjang Tali semula Namun diketahui suku ke 2 dan ke 6 nilainya sama (U2=U6)
SOAL SALAH
4. Pada pelajaran bahasa inggris nomor 3 sesi listening soal yang diperdengarakan sama dengan soal nomor 2 dan pada kali kedua di dengarkan baru soal nomor 3 ada..dengan kata lain soal nmor 3 hanya di dengarkan sekali dan soal nomor 2 didengarkan 3 kali
5. Pada Pelajaran Bahasa Inggris Nomor 30 , Pertanyaan yang disajikan tidak berdasarkan teks yang ada..TEKS BEDA DENGAN SOAL...teks yang ada tidak terikat dengan s oal
6. Pada Pelajaran Fisika Nomor 5 , Gambar hanya menandakan jari-jari roda tanpa ada keterangan mana yang merupakan roda A ,B ,C ,D ,dan E. Pdahal di soal diketahui kecepatan linear Roda A namun di gambar tidak menandakan mana yang merupakan roda A.
7. Dan kesalahan Lainnya



Dari kesalahan tersebut 2 diantaranya juga saya alami
Yang Saya Pertanyakan Bagaimana UN yang digunakan sebagai dasar untuk pemetaan mutu acara pendidikan/sekolah ,dan pertimbangan seleksi masuk jenjang berikutnya BISA TERJADI KESALAHAN ??
Bagaimana mau mengukur mutu acara pendidikan kalau soal UN yang diberikan ada kesalahan ??
Kami sebagai Siswa Merasa Terpukul melihat kesalahan tersebut , Waktu Ujian kami terbuang banyak untuk mengerjakan SOAL yang terdapat kesalahan padahal waktu di UN sangat Berharga untuk masa depan kami..
Fokus Kami waktu ujian di terjang karena soal-soal yang salah tersebut , Dengan adanya Kesalahan tersebut telah membuat konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal sirna..
Lantas Bagaimana penyelesaian Soal yang mempunya kesalahan tersebut..keasalahan tersebut mungkin telah mensugesti Hasil Nilai UN kami..dan dapat berakibat fatal untuk kedepannya
Bagaimama K emendikbud menyikapi hal ini ?? Dan bagaimana Kemendikbud mengatasi Kesalahan tersebut ?? Dan bagaimana solusi bagi kita yang telah mengerjakan soal tersebut ?? hal ini masih kami pertanyakan. Saya dan sahabat saya ketika ini tengah mendiskusikannya di grup facebook. Selain itu kami selaku pelajar NTT juga telah mengirimkan laporan ini lewat email sahabat saya atas nama Muhammad Rizaldy B. Nuryasin namun belum menerima balasan dari kemendikbud.

kekurangan pada soal lainnya adalah
1.bobot skl banyaknya soal yang keluar tidak sama mirip 5tahun belakangan ini. Sehingga terasa berat sebelah dari apa yang dipelajari selama ini.
2. ada materi yang tercantum dalam skl yang sama sekali tidak keluar

Maaf sebelumnya kalau saya lantang..saya sudah mendiskusikan ini bukan hanya dengan sahabat sekolah namun dengan sahabat yg berada di lain sekolah
Semoga kedepannya UN mampu lebih baik Lagi

Beberapa Tips Menghadapi UN Berbasis Komputer

1. Persiapkan Mental dan Beraktivitaslah Seperti Biasa

Selama ujian jangan terlalu tegang , lakukanlah hal yang telah biasa kau lakukan. Sebut saja mandi , sarapan dan acara lainnya. Ingat saat menjawab soal UN  kamu perlu tenaga yang ekstra. Oleh alasannya yaitu itu , kalau memang kamu terbiasa sarapan jangan mencoba untuk tidak sarapan dan sempatkan sarapan karena bahaya kalau ketika kamu menjawab soal ujian jadi sakit perut karena tidak sarapan. Saat ujian sedang berlangsung siswa tidak diijinkan untuk keluar ruangan. Jaga kesehatan juga penting , karena didalam ruangan LAB semua komputer dinyalakan bersamaan , maka AC/Pendingin harus selalu dinyalakan juga , otomatis ruangan akan terasa lebih dingin.

2. Gunakan Kaca Mata dan Jangan Mengitung di Monitornya

Karena berbasis komputer dan soal dilihat di layar monitor komputer , tidak dipungkiri lagi kalau kau akan lebih sering terkena dampak radiasi komputer. Pakailah kaca mata yang cocok buat kau , jangan gunakan kaca mata renang atau kaca mata hitam , kau sedang ujian nasional bukan mau jalan-jalan atau berenang.

Kalau kau biasa menghitung dikertas pertanyaan , nah jangan lalukan ini ketika UNBK karena soal ujian ada di layar monitor jadi layar monitornya jangan dicoret-coret. Kalau mau ngitung , hitung lah dikertas buram atau kertas yang disediakan oleh panitia Ujian Nasional.

Jika kau merasa goresan pena pada soal atau ukuran gambar terlalu kecil kau dapat mengklik font size abjad dibagian pinggir atas soal sesuai kebutuhan

3. The Power tombol "F5" di Keyboard

Hal yang sering terjadi ketika ujian nasional berbasis komputer ini yaitu terjadi "ngelag" atau aplikasi ujian nasionalnya tidak mampu diklik hening jangan panik. Nah , itu bukanlah problem yang besar kau dapat menekan tombol "F5" yang ada di Keyboard Komputer kau , maka semua akan berjalan lancar mirip biasa. Hal ini juga berlaku pada soal listening kalau audio mengalami gangguan.

4. Berdoalah sebelum Ujian Nasional Berlangsung

Selain mempersiapkan fisik kau juga perlu untuk melaksanakan ritual spiritual. Doa merupakan hal yang mujarab untuk mampu membuat kamu siap dalam menghadapi sesuatu. Makara berdoa lah sesuai keyakinanmu. Rendahkanlah dirimu dan berserahlah sepenuhnya kepadaNya karena Dia Tuhanmu akan membantumu bahkan dalam kondisi tersulit apapun Ia akan tetap menopang sehingga kau tidak akan jatuh malu.

5. Hindari Berbagai Tindakan yang Menimbulkan Pelanggaran

Ada 3 jenis pelanggaran bagi penerima ujian diantaranya:

Pelanggaran ringan

Tidak membawa kartu ujian

*sanksi: peringatan tertulis (note: sanksi ini tidak berlaku bagi penerima unbk)

2.  Pelanggaran sedang

Membuat kegaduhan diruang ujian , membawa hp di meja kerja ujian

*sanksi: penghapusan ujian pada mata pelajaran bersangkutan

3. Pelanggaran berat

Membawa contekan keruang ujian , kerjasama dengan penerima ujian ,menyontek , atau menggunakan kunci jawaban

*sanksi: dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan mendapat nilai 0 untuk mata peajaran bersangkutan

6. Hadir sempurna waktu minimal 30 menit sebelum ujian

Hal yang satu ini patut kalian lakukan karena disamping kalian terhindar dari banyak sekali hambatan kalian juga mampu bertanya pada sahabat kalian yang telah mengikuti sesi sebelumnya mengenai bentuk soal yang keluar.

7. Memasuki ruangan setelah bel masuk dibunyikan

Memasuki ruangan ini dilakukan yakni 15 menit sebelum UN dimulai

8. memastikan segala perlengkapan yang dibawa telah lengkap

Membawa alat tulis dan kertas buram , kartu penerima ujian yang terdapat username dan pasword. Pastikan kartu tersebut jangan hingga hilang dan jangan lupa untuk memfoto username dan pasword yang terdapat pada kartu tersebut , karena kalau kalian lupa membawa dan sama sekali lupa akan paswordnya kalia terpaksa harus mengikuti ujian susulan , sekolah tidak bertanggung jawab akan hal ini.

9. Tas , buku , handphone dan lainnya dikumpulkan diluar ruangan ujian.

10. pastikan mengecek data diri dan mapel yang tertera apakah sudah sempurna sebelum memasukan token ujian.

Sekian dulu postingan saya hari ini , semoga bermanfaat bagi pengunjung kalau ingin mengajukan kritik , saran dan pertanyaan mohon menggunakan bahasa yang sopan , baik dan benar. Untuk yang hendak ujian selamat berjuang sahabat salam dari sman 3 kupang , Nusa Tenggara Timur. Ganbatte kudasai minna san!!!

Sayonara , hingga berjumpa lagi di postingan berikutnya 

Source: eirens7oops.blogspot.com
Loading...
Previous
Next Post »