-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Tidak Pernah Naik Jabatan ? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Loading...
Bagi seorang karyawan , jabatan di tempatnya bekerja merupakan wujud rasa tanggung jawab dalam peran perusahaan yang harus dilaksanakan dengan sebaik baiknya. Semakin tinggi jabatannya maka semakin besar pula tanggungjawabnya.

Meski demikian , tidak sedikit karyawan yang selalu berharap bisa cepat naik jabatan biar memperoleh pengalaman baru , tantangan baru ataupun gaji baru yang lebih besar lagi.

Di pihak perusahaan naiknya jabatan seseorang bukan alasannya yakni berapa lama si pegawai bekerja , Ada kecakapan ataupun kriteria yang harus dicapai biar dapat dipromosikan untuk menduduki jabatan baru.


Namun .... Ada pula pegawai yang telah lama bekerja tapi tidak juga naik jabatan ,  Parahnya lagi .. ada rekan sekerja yang telah lebih dahulu merasakan posisi barunya. Kondisi mirip ini mungkin akan membuat pekerja tersebut merasa kesal ataupun iri.

Tapi... sebaiknya tidak hingga demikian , Jadikan hal tersebut sebagai bahan motivasi biar tetap semangat bekerja.

Selain itu ...

Cobalah analisa kembali .. Kenapa Anda tidak dilirik atasan untuk dipromosikan naik jabatan ?

Nah , sebelum Anda terlanjur kecewa berat dan marah-marah alasannya yakni pusing memikirkan jawabannya , ada baiknya melihat beberapa alasan di bawah ini yang mungkin merupakan salah satu penyebab kesempatan naik jabatan menjadi terhalang. Silahkan disimak :

  • Tidak Berani Menyampaikan Ide

Menyampaikan pandangan baru baru bukanlah dikategorikan sebagai "penjilat" , Oleh alasannya yakni itu saat dirimu memiliki ide-ide baru upayakan menyampaikannya ke atasan. Meskipun belum tentu diterima pandangan baru dari Anda , Paling tidak hal ini akan menunjukkan sinyal baik bahwa Anda telah ikut menyumbangkan pikiran untuk membantu memecahkan problem di perusahaan.

Tetapi pandangan baru yang akan disampaikan haruslah yang kreatif dan masuk logika , Jangan hingga saat mengutarakan pandangan baru justru malah membuat Anda dinilai secara negatif oleh atasan.

  • Tidak Mau Mengerjakan Tugas Lain

Tugas dan tanggung jawab setiap pekerja sudah memiliki porsinya masing-masing. Namun saat peran Anda sudah beres bukan berarti Anda tidak boleh membantu rekan kerja yang lain.

Bila membantu pekerjaan rekan lainnya paling tidak pengalaman lain sudah didapati. Apalagi membantu menyelesaikan pekerjaan atasan dan terbukti dapat diselesaikan dengan baik maka bukan tidak mungkin promosi jabatan akan segera dilakukan.

  • Mudah Marah

Tuntutan menyelesaikan peran dengan segera untuk mengejar waktu deadline sering kali memicu seseorang menjadi rentan stress. Meskipun stress , bukanlah alasan yang sempurna untuk Anda bisa melampiaskannya dengan marah-marah tidak karuan.

Hal ini bisa dilihat oleh atasan bahwa Anda tidak bisa mengerjakan sesuatu yang berat dalam tekanan. Atasan akan mengagap bahwa pekerjaan yang lebih tidak mungkin akan diberikan. Dan hampir bisa dipastikan bahwa Anda akan tidak disukai oleh rekan-rekan kerja[2] apalagi mendukung promosi jabatan.

  • Sering Mengeluh

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa semakin tinggi jabatan semakin besar tanggungjawabnya. Karena itulah jangan sering mengeluhkan pekerjaan yang sudah menjadi tanggungjawab Anda.

Keseringan mengeluh merupakan huruf yang amat menyebalkan , Hal ini tentu tidak akan disukai oleh rekan kerja ataupun atasan. Atasan akan menilai tidak mungkin menunjukkan tanggungjawab yang lebih besar lagi alasannya yakni sering terdengarnya keluhan pada pekerjaan yang sudah ada.

  • Tertutup

Usahakanlah memperluas pergaulan sesama rekan sekantor , Berbagi rasa dan siap mendapatkan kritik ataupun saran. Bila sikap tertutup selalu melekat dalam diri Anda , Besar kemungkinan akan menimbulkan Anda jauh dari rekan kerja dan dicap sebagai orang "kaku" sehingga nama Anda akan selalu karam dari bursa naik jabatan.

Masih banyak alasan yang bisa menjadi penyebab tertundanya kenaikan jabatan seseorang di perusahaan , Yang paling penting yakni selalu koreksi diri biar kedepannya lebih baik sebagai seorang pekerja. Semoga bermanfaat.... salam sukses selalu

[1]