-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Tafsir Surat An-Nisa' Ayat 59 Tentang Menyelesaikan Perselisihan

Loading...
Tafsir Surat An-Nisa' Ayat 59 Tentang Menyelesaikan Perselisihan

1. Redaksi Ayat

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

2. Makna Mufrodat

  1. Kata طاعة (Tha'ah) dalam bahasa Al-Quran berarti tunduk , menerima dengan tulus dan menemani.
  2. Kata أولي (Uli) yaitu bentuk jama' dari kata ولي (Waliy) yang berarti pemilik atau yang mengurus , dan menguasai. Kali ini dapat dipahami dalam arti bahwa mereka yaitu kelompok tertentu dalam suatu badan yang berwenang menetapkan dan juga membatalkan sesuatu.
  3. Kata الْأَمْر (Al amr) yaitu perintah atau utusan. Rangkaian kata أُولِي الْأَمْرِ (Ulil amri) yaitu orang-orang yang berwenang dalam mengurus urusan kaum muslimin.

3. Terjemah

59. Hai orang-orang yang beriman , taatilah Yang Mahakuasa dan taatilah Rasul (Nya) , dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jikalau kau berlainan pendapat wacana sesuatu , maka kembalikanlah ia kepada Yang Mahakuasa (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya) , jikalau kau benar-benar beriman kepada Yang Mahakuasa dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

4. Analisa Kandungan Ayat

Menurut Tafsir Kementrian Agama RI , pada Surat An-Nisa ayat 59[1] ini Yang Mahakuasa mengutus semoga kaum muslimin taat dan patuh kepada-Nya , para Rasul-Nya dan kepada orang yang memegang kekuasaan diantara mereka untuk dapat terciptanya kemaslahatan umum. Untuk kesempurnaan pelaksanaan amanat dan hukum yang baik serta adil , hendaklah kaum muslimin:
  • Taat dan patuh terhadap perintah Yang Mahakuasa dengan mengamalkan isi dari Kitab suci Al-Quran , melakukan hukum-hukum yang telah ditetapkan , meskipun dirasa berat , dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya.
  • Senantiasa melakukan ajaran-ajaran yang dibawa Rasulullah SAW pembawa amanat dari Yang Mahakuasa SWT untuk dikerjakan oleh segenap hamba-Nya. Beliau ditugaskan untuk menjelaskan isi daripada Al-Quran untuk umat manusia.
  • Patuh terhadap ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan Ulil Amri yaitu orang-orang yang memegang kekuasaan diantara mereka dalam artian melakukan kebajikan , jikalau bertentangan dengan syariat maka boleh tidak melaksanakan.
  • Jikalau ada sesuatu yang diperselisihkan dan tidak tercapai kata sepakat atas problem tersebut , maka wajib dikembalikan kepada Al-Quran dan Hadits.

Baca juga: Tafsir Surat At-Taubah Ayat 71 Tentang Kepemimpinan[2]

Ulil Amri yang dapat diartikan dengan pemerintah yang berkuasa di dalam suatu Negara. Pemerintah diistilahkan sebagai yang mempunyai perintah alasannya yaitu mereka mempunyai kuasa untuk memberi perintah dan melarang kepada rakyatnya yang bersumber dari undang-undang , peraturan yang diputuskan bersama-sama untuk kemaslahatan rakyat.

5. Hikmah Kandungan Ayat

  • Allah memerintahkan semoga kaum muslimin taat kepada-Nya dan taat pula kepada apa yang telah diputuskan oleh Rasul-Nya tanpa ada proposal , alasannya yaitu tentu mereka mesti benar (haq) adanya.
  • Taat kepada Ulil Amri atau pemerintah , namun dalam hal ini harus dilihat terlebih dahulu apakah yang diputuskan oleh penguasa tidak bertentangan dengan Al-Quran dan Hadits maka kita wajib melaksanakannya. Namun jikalau bertentangan , kita boleh meninggalkannya.
  • Apabila penyelesaian atas problem mengalamai jalan buntu , maka hendaknya merujuk pada kepada apa yang telah diputuskan dengan jalan istimbat hukum baik menggunakan ijtihad berupa ijma' dan qiyas.
Tafsir Surat An-Nisa' Ayat 59 Tentang Menyelesaikan Perselisihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arif Setiawan

References

  1. ^ Surat An-Nisa ayat 59 (tpq-rahmatulihsan.blogspot.com)
  2. ^ Tafsir Surat At-Taubah Ayat 71 Tentang Kepemimpinan (tpq-rahmatulihsan.blogspot.com)
Source: tpq-rahmatulihsan.blogspot.com
Loading...
Previous
Next Post »