-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, 5

Loading...
Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1 , 2 , 3 , 4 , 5[1] - Dijadikannya pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia membawa sebuah konsekuensi  bahwa nilai nilai yang terkandung dalam pancasila telah menjadi landasan pokok sekaligus landasan fundamental untuk penyelenggaraan negara. Seperti yang kita ketahui pancasila sendiri terdiri dari lima sila yang menjadi lima nilai nilai dasar yang bersifat fundamental. Nilai nilai dasar yang terkandung dalam pancasila antara lain yaitu nilai ketuhanan , nilai kemanusiaan , nilai persatuan , nilai kerakyatan , dan nilai keadilan sosial.
< a href="https://1.bp.blogspot.com/-1gi2UpUxVm4/WNX7oEc4lxI/AAAAAAAAAjc/pxnACkWoIY0wUer1wKNRpjIFtnKL_l4NwCLcB/s1600/pancasila%2B%25281%2529.jpg" imageanchor="1" class="c6">http://materi4belajar.blogspot.com/2017/03/nilai-nilai-yang-terkandung-dalam.html
Sila pancasila beserta nilai nilai dan maknanya
Sebelum kita membahas nilai nilai pancasila lebih dalam maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah nilai itu? Nilai yaitu sesuatu yang bermutu , berharga , menunjukkan suatu kualitas serta bermanfaat bagi manusia. Pada dasarnya terdapat 2 (dua) macam nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideologi terbuka. Dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 alenia 4 pancasila ditetapkan sebagai nilai dasar dan memiliki penjabarans ebagai nilai fundamental. Untuk dapat memahami makna dan nilai nilai pancasila sebagai ideologi bangsa maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Definisi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Dan Fungsi Ideologi Pancasila[2].

Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1 , 2 , 3 , 4 , 5[3]

Pada dasarnya nilai nilai pancasila (nilai instrumental) haruslah tetap mengacu pada nilai nilai dasar yang sebelumnya telah dijabarkan. Sementara itu dalam menjabarkan nilai yang terkandung dalam sila pancasila sendiri tidak boleh menyimpang dari nilai dasarnya. Adapun klasifikasi nilai dan isi pancasila yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Berbagai Bidang (Militer , Ideologi , Politik , Ekonomi , Sosial , Budaya)[4]

Sila Pertama Pancasila (Nilai Ketuhanan)
Sila ke 1 pancasila yang berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung nilai Ketuhanan yang artinya Bangsa Indonesia menawarkan kebebasan pada rakyat untuk menganut menjalankan sekaligus mengamalkan ibadah berdasarkan agama masing masing individu tersebut. Nilai nilai yang terkandung dalam sila pertama pancasila yaitu sebagai berikut:

  • Sebuah keyakinan bahwa Yang Mahakuasa itu ada dan memiliki sifat yang sempurna.
  • Memiliki ketakwaan pada Yang Mahakuasa Yang Maha Esa dengan cara melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya.
  • Saling hormat menghormati antar umat beragama.
  • Adanya bentuk kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan aliran agama masing masing.
Sila Kedua Pancasila (Nilai kemanusiaan)
Didalam pancasila sila kedua memiliki arti yakni segenap bangsa dan rakyat Indonesia diakui serta diperlakukan sebagaimana mestinya sesuai harkat serta martabatnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Nilai nilai pancasila ini dilandasi pada pernyataan bahwa semua insan memiliki derajat , martabat , hak dan kewajiban yang sama. Nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila kedua antara lain adalah:
  • Manusia memiliki hak dan martabat yang sama dan sejajar.
  • Timbulnya pengukuhan bahwa insan merupakan makhluk sosial yang paling sempurna.
  • Dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan akan mendapat perlakuan adil dari dan kepada insan lain.
  • Setiap insan memiliki rasa solidaritas dan tenggang rasa yang tinggi sehingga mereka tidak mampu bertindak seenaknya sendiri.
Nilai kemanusiaan yang terkandung dalam pancasila jikalau tidak diamalkan dapat menimbulkan meningkatnya angka kriminalitas serta pembunuhan. Hal ini telah kita bahas sebelumnya dalam artikel yang berjudul 18 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia[5].

Sila Ketiga Pancasila (Nilai persatuan)
Makna yang terkandung dalam pancasila sila ketiga merupakan wujud berupa tekat kuat dan utuh yang berasal dari banyak sekali aspek kehidupan yang memiliki satu tujuan dan tergabung menjadi satu yakni Indonesia. Sebagaimana makna yang terkadung dalam sila ketiga pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" memiliki makna dan nilai persatuan. Adapun makna dan nilai sila ketiga pancasila yang lainnya yaitu sebagai berikut:
  • Menempatkan kepentingan , keselamatan , persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan diri sendiri dan golongan.
  • Mempunyai rasa cinta tanah air , bangsa serta negara dengan cara rela berkorban demi kepentingan bangsanya sendiri.
  • Mengakui semua suku bangsa termasuk dengan keanekaragaman budaya suku bangsa tersebut. Hal ini tentunya dapat mendorong bangsa Indonesia menuju persatuan dan kesatuan.
Untuk mencapai dan mewujudkan nilai persatuan tersebut tentunya ada hambatan dan rintangan yang harus dilalui bangsa Indonesia. Adapun faktor faktor pendukung serta penghambat persatuan tersebut telah saya rangkum dalam artikel sebelumnya yang berjudul Faktor Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional[6].

Sila Keempat Pancasila (Nilai kerakyatan)
Pancasila sila keempat berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kecerdikan dalam permusyawaratan perwakilan" makna sila keempat pancasila menegaskan pada kita bahwa segala proses pengambilan keputusan harus didasarkan pada asas musyawarah sehingga dapat menciptakan akad bersama. Selain itu nilai pancasila sila keempat juga menegaskan bahwa pemerintahan yang dilaksanakan berasal dari rakyat , oleh rakyat dan untuk rakyat. Adapun makna dan nilai lain yang terkandung dalam sila keempat pancasila yaitu sebagai berikut:
  • Rakyat Indonesia merupakan warga negara yang memiliki hak , kewajiban dan kedudukan yang sama.
  • Asas kekeluargaan digunakan untuk melaksanakan musyawarah serta mufakat.
  • Mengutamakan segala kepentingan bersama dan kepentingan bangsa melebihi kepentingan diri sendiri dan golongan.
  • Melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan yang menyangkut banyak orang.
Untuk memahami apa itu hak dan kewajiban setiap warga negara sesuai dengan nilai kerakyatan yang terkadung dalam pancasila sila ke 4 maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian dan Contoh Hak Dan Kewajiban Warga Negara Menurut UUD 1945[7].

Sila Kelima Pancasila (Nilai keadilan)
Pancasila sila kelima berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" nilai sila kelima pancasila ini menegaskan bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus tercipta keseimbangan yang sesuai antara hak dengan kewajiban. Serta sebagai anggota masyarakat sebangsa setanah air kita harus menghormati hak hak yang dimiliki orang lain , bersikap adil dan suka menolong sesama jikalau diperlukan. Makna dan nilai lain yang terkandung dalam pancasila sila kelima adalah:
  • Semua insan memiliki derajat yang sama di mata hukum.
  • Mencintai segala jenis pembangunan demi kemajuan bangsa.
  • Tidak membeda bedakan insan berdasarkan derajat dan golongan.
  • Adil dan bijaksana dalam segala tindakan.
Itulah nilai nilai pancasila sila ke 1 , 2 , 3 , 4 , dan 5[8] yang dapat saya sampaikan kali ini. Perlu diingat bahwa makna dan nilai yang terkandung dalam setiap sila pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari hari.