-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Contoh Rencana Strategis ( Renstra ) Rumah Sakit

Loading...
IniContoh.Com - Untuk kali ini saya akan sedikit membahas contoh Renstra Rumah Sakit yang sekiranya bisa membantu Sobat semua dalam mencari referensi Rencana Strategis ( renstra) yang baik dan benar. Renstra sangatlah diperlukan bagi Rumah Sakit, karena berfungsi sebagai acuan Rumah Sakit dalam perencanaan ke depan. Silakan di copi paste, dan diedit sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya ➤



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang
Rumah Sakit sebagai salah satu mata rantai sarana pelayanan kesehatan masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dimana rumah sakit diharapkan dapat berperan optimal dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Peran tersebut dewasa ini semakin menonjol mengingat timbulnya perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan maupun kebijakan- kebijakan pemerintah.
Rumah Sakit Islam Arafah Rembang dengan kualifikasi rumah sakit kelas D tarletak C terletak diatas tanah seluas 15.146 m2 dengan bangunan yang didirikan dan digunakan untuk operasional pelayanan sampai saat ini seluas 9.364 m2 terdiri dari 3 gedung rawat inap, 1 gedung kamar operasi, 1 gedung igd dan penunjang, 1 gedung poliklinik, 1 gedung linen dan logistik terletak di Jl. Raya Rembang - Lasem KM. V Tritunggal Rembang dan 72 tempat tidur dengan tingkat hunian rata-rata 60,70% per tahun. Wilayah dispersi atau jangkauan pelayanan Rumah Sakit meliputi Kota Batangan hingga perlintasan Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Blora.
Rumah Sakit Islam Arafàh Rembang sebagai Lembaga Teknis Daerah Kota Rembang di bidang pelayanan kesehatan dan satu-satunya rumah sakit swasta di Kota Rembang memiliki peran strategis dalam maningkatkan derajat kesehatan melalui upaya pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat khususnya di wilayah Rembang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yang diamanahkan oleh Muslimat.
Sebagai Institusi pemberi pelayanan kesehatan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya perlu menetapkan Rencana Strategis yang akan digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan Program dan Kegiatan selama periode tertentu dengan memperhitung potensi, peluang dan kendala yang ada atau timbul sehingga dapat secara realistis mengantisipasi perkembangan masa depan.
Rencana Srategis Rumah Sakit Islam Arafah Rembang 2015 - 2019 ini merupakan dokumen Renstra baru yang dibuat berdasarkan analisa pelayanan yang telah dilaksanakan 5 tahun sebelumnya.
RENSTRA Rumah Sakit Islam Arafah Rembang tahun 2015 - 2019 merupakan penjabaran visi, misi, dan program RSl Arafah Rembang yang akan dilaksanakan dan diwujudkan dalam suatu periode dan berpedoman pada analisa pelayanan yang telah dilaksanakan 5 tahun sebelumnya.
Dokumen RENSTRA RSI Arafah Rembang tahun 2015 - 2019 disusun berdasarkan pada fungsi Rumah Sakit Islam Arafah Rembang sebagai pendukung penyelenggaraan pembangunan daerah dalam pelayanan publik dibidang pelayanan kesehatan sehingga Agenda prioritas Masyarakat Rembang Sehat dapat terwujud.
Penyusunan melalui berbagai proses RENSTRA RSI Arafah Rembang tahun 2015 - 2019 dengan tahapan, mulai pengumpulan data primer/sekunder (Eksternal/Internal), analisis kondisi actual/eksisting, Rapat Koordinasi, perumusan rancangan RENSTRA. Adapun proses penyusunan dapat dilihat pada gambar 1.1 berikut :
Gambar 1.1
Proses Penyusunan RENSTRA RSI ARAFAH REMBANG Rembang
2015 – 2019

Analisa Hasil Pelayanan
Tahun 2010 s.d Tahun 2014

Pengumpulan Data
Data Primer (eksternal/internal)       Data Primer (eksternal/internal)
 









Analisis Kondisi Aktuan/Eksisting

RENSTRA

Perumusan Rancangan RENSTRA

Rapat Koordinasi
 

















Dengan disusunnya revisi Rencana Strategis RENSTRA RSI Arafah Rembang tahun 2015 - 2019 diharapkan mampu melaksanakan upaya kesehatan secara berdayaguna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan, Sehingga Rumah Sakit Islam Arafah Rembang diharapkan pula dapat turut andil dalam mewujudkan masyarakat sehat di Kabupaten Rembang.
Rencana Strategis RSI ARAFAH REMBANG merupakan penjabaran secara rinci dari visi dan misi rumah sakit yang mempertimbangkan analisa lingkungan strategis dengan berpedoman pada pemerataan pembanguan kesehatan

1.2.    Landasan Hukum
1.    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;
2.    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara;
3.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem
Perenca
naan Pembangunan Nasional;
4.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
5.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2008 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
6.    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
7.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
8.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit;
9.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum;
10.  Keputusan Menteri Kesehatan Nomor l29/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit;

1.3.    Maksud dan Tujuan
1.3.1    Maksud
1.    Sebagai arah dalam pengembangan Rumah Sakit Islam Arafah Kota Rembang menjadi rumah sakit rujukan terbaik dan terjangkau oleh masyarakat dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan.
2.    Sebagai Indikator kunci keberhasilan bagi pihak manajemen Rumah Sakit Islam Arafah Rembang dalam melaksanakan fungsinya

1.3.2    Tujuan
1.    Tercapainya persepsi yang sama dalam menyusun kebijakan-kebijakan pelayanan kesehatan di lingkungan RSI ARAFAH REMBANG Rembang sehingga produk kebijakan dapat dijadikan acuan dan/atau pedoman bagi seluruh unit kegiatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,
2.    Sebagai Pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja RSI ARAFAH REMBANG Rembang
3.    Sebagai tolok ukur dalam penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Kinerja RSI ARAFAH REMBANG Rembang

1.4.    Sistematika Penulisan
I.     PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang
1.2.    Landasan Hukum
1.3.    Maksud dan Tujuan
1.4.    Sistematika Penulisan
II.   GAMBARAN PELAYANAN RSI ARAFAH REMBANG
2.1.    Tugas Fungsi dan Struktur Organisasi RSI ARAFAH REMBANG Rembang
2.2.    Sumber Daya RSI ARAFAH REMBANG Rembang
2.3.    Kinerja Pelayanan RSI ARAFAH REMBANG Rembang
2.4.    Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan RSI ARAFAH REMBANG Rembang
III. ISU-ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI
3.1.    Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan RSI ARAFAH REMBANG Rembang
3.2.    Telaahan Visi, Misi dan Program RSI ARAFAH REMBANG Rembang
3.3.    Penentuan Isu-isu Strategis
IV. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN
4.1.    Visi dan Misi RS Arafah Rembang
4.2. Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah RSI ARAFAH REMBANG Rembang
4.3. Strategi dan Kebijakan
V.   RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA, KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF
5.1. Program, Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif
VI.  INDIKATOR KINERJA RSI ARAFAH REMBANG REMBANG YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RSI ARAFAH REMBANG REMBANG
6.1. Indikator Kinerja RSI ARAFAH REMBANG Rembang Yang Mengacu Pada Sasaran RSI ARAFAH REMBANG Rembang
VII.          PENUTUP 
Loading...
Previous
Next Post »