-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Contoh Surat Dinas Sesuai Kaidah Kedinasan Yang Benar

Loading...
Contoh surat dinas mungkin saja sudah sering anda lihat baik ditempat kerja, atau di media online seperti blog dan lainya.bahkan jika anda adalah seorang pegawai di instansi kedinasan pasti setiap hari akan melihat bentuk surat dinas di lingkungan kerja anda.

Pengertian Surat Dinas


Surat dinas merupakan salah satu bentuk surat resmi, Sedang pengertian surat dinas sendiri adalah bentuk komunikasi tertulis (surat) yang menyangkut kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi. Salah satu alat komunikasi kedinasan yang sangat penting dalam pengelolaan administrasi, seperti penyampaian berita tertulis yang berisi pemberitahuan, penjelasan, permintaan, pernyataan pendapat dari instansi kepada instansi lain dan dari instansi kepada perseorangan atau sebaliknya.

Fungsi Surat Dinas

Dilihat dari fungsinya, surat dinas digunakan sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.

Ciri-Ciri Surat Dinas

Surat dinas memiliki cirri-ciri seperti berikut;Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
  • Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
  • Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
  • Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
  • Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
  • Memakai Format surat tertentu..

Aturan Surat Dinas


Harus memakai bahasa resmi dan baku, serta sopan dan menggambarkan instansi kedinasannya.
Tidak boleh bertele-tele, jadi kalimatnya harus singkat, padat dan jelas serta langsung pada poinnya.
Mencakup keseluruhan unsur dan bagian-bagian surat dinas.

Bagian-Bagian Surat Dinas

Sebagai surat resmi kedinasan, surat dinas memiliki bagian-bagian surat yang harus dipenuhi dalam penulisannya. Bagian-bagian surat dinas tersebut adalah:

#Kop/Kepala Surat

Kop/kepala surat adalah bagian paling atas dari surat dinas, KOP Surat bisa dibilang sebagai merek atau brand sebuah surat tersebut, KOP surat berisi nama Lembaga,  organisasi, Instansi, dan badan lainya yang membuat surat. Dalam KP Surat biasanya terdapat Logo, Tulisan Instansi, Lembaga/Organisasi, Alamat, dan telepon.

#Tanggal surat

Berada dibawah Kop surat sebelah kanan, Terdiri dari nama, tempat serta tanggal dibuatnya surat dinas.

#Nomor Surat

Nomor surat letaknya disebelah kiri dan berada setelah tanggal surat. Terdiri dari kode, nomer urut surat yang di keluarkan, identitas lembaga atau instansi serta tahun dibuatnya surat tersebut.

#Lampiran

Penulisan Lampiran setelah nomor surat berguna agar penerima surat dapat  meneliti dan melihat kembali banyaknya sesuatu yang dilampirkan. Yang dilampirkan itu dapat berupa buku, brosur, kuitansi, dsb.

Lampiran yakni lembaran penambahan yang bakal dilampirkan, bisa berbentuk lembaran kertas lain atau dokumen lain. Bila tak ada lampiran biasanaya berisi sinyal strip.

#Perihal atau hal

Hal merupakan garis besar dari sebuah isi surat. Penulisan Hal setelah Lampiran berguna agar pembaca dengan cepat mengetahui hal yang dibicarakan dalam surat, sebelum membaca isi surat selengkapnya. Hal surat dituliskan dengan singkat. Sebaiknya digunakan kata Hal  bukan Perihal.

#Alamat

Alamat tujuan ditulis di sebelah kiri surat pada jarak tengah antara hal surat dan salam pembuka.
Alamat surat tidak diawali kata kepada karena kata tersebut berfungsi sebagai penghubung intrakalimat yang menyatakan arah.

 Alamat yang dituju diawali dengan Yth. (diiukuti titik) atau Yang terhormat (tidak diikuti titik)
 Sebelum mencantumkan nama orang yang dituju, biasanya penulis surat mencantumkan sapaan Ibu, Bapak, Saudara atau Sdr.

Penulisan kata Jalan pada alamat tidak disingkat. Nama gang, nomor, RT, dan RW dituliskan lengkap dengan huruf kapital setiap awal kata.

#Salam pembuka

Salam pembuka digunakan untuk memberikan sapaan, ucapan  sopan santun ataupun rasa hormat.

#Isi surat

Isi surat adalah poin penting dari surat itu sendiri, jadi maksud surat tersebut dibuat terjelaskan dalam isi surat ini. atau bisa dibilang penjabaran dari Hal Surat.

#Salam ahir/penutup

Salam penutup digunakan untuk memberikan akhir dari isi surat.

# Nama Pengirim

Berisi nama jelas pengirim surat yang disertai dengan tandatangan dan stempel lembaga, instansi, atau organisasi yang dibawahinya.

#Tembusan

Tembusan digunakan bila surat itu memanglah memerlukan tembusan. Tembusan yakni pihak-pihak yang memperoleh tebusan maupun salinan surat terkecuali yang dialamatkan.

#Inisial

Inisial diletakkan di bagian kiri di bawah tembusan surat (bila memanglah ada). Inisial dipakai sebagai sinyal inginal, yang ditulis lewat cara disingkat pada nama pengonsep surat serta pengetik surat. Inisial bisa pula memberikan kalau surat itu memanglah asli di buat oleh orang itu. Di bagian ini umumnya tidak bisa di baca, yang bisa membacanya cuma orang yang dituju atau orang yang berkaitan dengan si pembuat surat itu.

Setelah mengetahui tentang pengertian, cirri-ciri, ketentuan dan bagian—bagian surat dinas, selanjutnya ketahui juga kesalahan-kesalahan dalam penulisan surat dinas yang umum terjadi. Dan mari melihat contoh surat dinas yang baik dan benar.


Contoh Surat Dins Yang Benar






SMPN 2 ALPUKAT
Jl. Merdeka No. 45 Blok A Semarang
No. Telp. (021) 12345678
========================================

Semarang, 3 Nopember 2016
No : 0234/SMPN 2 Apukat/11/2016
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas IX SMPN 2 Alpukat
Semarang

Dengan hormat,

Dalam rangka menyambut pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017, maka kami perlu membahas hal-hal penting berkaitan dengan putra-putri kita. Untuk itu kami mohon kehadiran Bapak/Ibu besok pada:

Hari               : Kamis
Tanggal          : 3 Nopember 2016
Pukul             : 08.00 s.d. 11.00 WIB
Tempat          : Gedung Aula SMPN 2 Alpukat
Acara            : Rapat Koordinasi dan Pertemuan Wali Murid

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Kepala Sekolah
SMPN 2 Alpukat


Jus Alpukat, S.Pd.



Contoh Surat Dinas II


DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
PEMERINTAH KABUPATEN ………………
Jl. Pemuda No. 88 ……..

Semarang, 03 Noopember 2016

Nomor        : 1234/Dinpendik/uk/XI/2016
Lampiran    :_
Hal             : Undangan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Berkaitan dengan akan pelaksanaan Hari Bakti Pancasila, maka Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten ……… akan mengadakan berbagaii event perlombaan untuk siswa—siswi tingkat SMP/MTs Sederajat. Untuk kejelasan acara dan lainya, kami mohon kehadiran Bapak Kepala Sekolah SMP/MTs se Kabupaten ….. besok pada:

Hari             : Selasa
Tanggal        : 3 Nopember 2016
Pukul           : 08.00 s.d 12.00 WIB
Tempat        : Gedung Aula Dinas Pendidikan Kabupaten …….

Demikian undangan ini kami haturkan untuk dapat dimengerti, sekian atas perhatiaanya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh
Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan
Kabupaten    …………….


ANGGUR MERAH

NIP. 123 456 789 101112 131415



Itulah contoh surat dinas yang baik dan benar menurut kaidah kedinasan. Semoga apa yang inicontoh.com bagikan kali ini bermanfaat.
Loading...
Previous
Next Post »