-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Aplikasi Laporan Keuangan BOS ALPEKA Tahun 2016

Loading...
Aplikasi BOS 2016 ini dibuat sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan tentang Laporan pertanggung jawaban pengelolaan dana BOS tahun 2016. Setiap sekolah penerima dana BOS diwajibkan melaporkan penggunaan dana ini setiap triwulan sekali. Jika sekolah membuat laporan diahir trieulan, maka untuk pencairan triwulan selanjutnya akan ditunda sampai sekolah membuat laporan.

Menyusun laporan keuangan BOS secara manual memang sedikit ribet dan membutuhkan kerja yang cukup menguras pikiran dan tenaga. Ini karena setiap belanja pakai dana BOS harus selalu dicatat secara rinci dengan ilampiri bukti pengeluaran yang sah. Jadi ini akan dibutuhkan keteliatian yang serius agar tidak terjadi kekeliruan dalam pelaporan.

Di tahun ini, Kemendikbud secara resmi meneluarkan aplikasi keuangan BOS 2016 yang diberi nama ALPEKA BOS.

Gambar aplikasi pengelolaan dana BOS 2016

BOS adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar dengan tujuannya yaitu:

Umum
Meringankan biaya pendidikan dalam rangka Wajar 9 tahun yang bermutu, serta berperan mempercepat pencapaian SPM dan SNP;

Khusus
Membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik di sekolah negeri;
Membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik miskin dan meringankan beban siswa lainnya di sekolah swasta.

Mengenai aplikasi ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) adalah aplikasi  berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah.  Aplikasi ini  dikembangkan atas bantuan program PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS. Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. Aplikasi ini disertai dengan pedoman penggunaannya sehingga setiap sekolah dapat belajar mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan.

Melalui link dibawah ini kalianpara pengelola dapat mengunduh/download secara gratis dan menggunakannya secara baik di sekolah/Madrasah masing-masing.

Link Download APlikasi Laporan Dana BOS 2016

http://bos.kemdikbud.go.id/home/artikel/11

Semoga apa yang kami share disini dapat mebantu para bendaharawan BOS di sekolah masing-masing. Infosekolah.in akan terus update berita seputar pendidikan untuk masyarakat.

Loading...
Previous
Next Post »