-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Penjelasan Undang-Undang Tentang Guru Dan Dosen

Loading...
Undang-undang tentang guru dan dosen di Indonesia mengatur keseluruhan tugas, hak, fungsi, dan peranan profesi guru dan dosen di Indonesia.

Bahwa pembangunan nasional dalam bidang pendidikan  adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

UU Guru dan Dosen juga berfungsi untuk menjamin perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, serta tata pemerintahan yang baik dan akuntabilitas pendidikan yang mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global perlu dilakukan pemberdayaan dan peningkatan mutu guru dan dosen secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Dalam hal ini guru dan dosen mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan sebagaimana dimaksud pada pada paragraf ke dua, sehingga perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat.

Didalam Undang-Undang ini yang dimaksud guru dan dosen yaitu:

  • Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 
  • Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Jadi jelas bahwa profesi dimaksud sangat dihargai dan diatur secara hukum di Indonesia. untuk download Undang-undang guru dan dosen secara lengkap beserta penjelasannya, silahkan klik DISINI. https://drive.google.com/file/d/0B_8cATxLET9vM3NTYVRsN0pyeU0/view?usp=sharing

Loading...
Previous
Next Post »