-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Contoh Surat Gugatan Jual Beli Barang dan Jasa

Loading...
Di dalam jual beli barang-barang berharga dan bernilai tinggi yang tentu mencakup biaya yang besar biasanya di adakan kesepakatan antara penjual dan pembeli melalui surat perjanjian jual beli. Dalam surat perjanjian biasanya juga ada syarat-syarat dan larangan yang harus dipatuhi oleh pihak penjual dan pembeli. Nah, jika syarat jual beli itu tidak dipenuhi oleh salah satu pihak maka pihak yang dirugikan bisa melakukan gugatan hukum kepada pihak yang dirasa telah merugikan tersebut. Dalam menggugat dibutuhkan adanya surat gugatan dari pihak penggugat. Nah, bagi Anda yang membutuhkan contoh surat gugatan jual beli berikut ini kumpulan contoh berikan buat Anda.  

SURAT GUGATAN JUAL – BELI



SURAT GUGATAN
NO. ----------------------------------


Kepada,
Yth. Ketua Pengadilan Negeri ( --------------------------------------- )
Di
 ( --------------------------------------- )


Dengan hormat,

(---------------- n a m a ------------------), (------------pekerjaan ---------), ( ------------ alamat lengkap --------- ), dalam hal ini memilih domisili hukum di ( -------- t e m p a t ------------ ) di kantornya ( --------------- nama pengacara --------------- ) Pengacara di ( ----------------  alamat lengkap -----------------  ) yang surat kuasanya menurut surat kuasa terlampir akan menandatangani dan mengajukan surat permohonan ini, yang selanjutnya disebut PENGGUGAT.

PENGGUGAT bersama ini hendak menuntut (---------------- n a m a ------------------), (------------pekerjaan ---------), ( ------------ alamat lengkap --------- ) yang selanjutnya disebut TERGUGAT.

Adapun dalil-dalil gugatan PIHAK PENGGUGAT adalah sebagai berikut:

1.    Bahwa pada tanggal ( ------ tanggal, bulan, dan tahun ----- ) PENGGUGAT dan TERGUGAT bersepakat melakukan jual beli dengan perjanjian di atas materai. PENGGUGAT membeli dari TERGUGAT, ( ------------------ obyek jual beli ------------------ ).

2.    Bahwa jual beli tersebut telah disepakati dengan harga sebesar [(Rp. -------------------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )].

3.    Bahwa menurut perjanjian jual beli yang bersama ini dilampirkan foto copynya, TERGUGAT akan membayar kekurangan pembayarannya sebesar [(Rp. -------------------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )] selambat-lambatnya pada tanggal ( ------ tanggal, bulan, dan tahun ----- ), yaitu pada saat penandatanganan akta jual beli di hadapan Notaris.

4.    Bahwa hingga saat ini TERGUGAT belum juga membayar kekurangan pembayaran yang telah disepakati.

5.    Bahwa PENGGUGAT telah berulangkali menegur, baik secara lisan maupun tertulis yang bersama ini foto copy teguran secara tertulis turut dilampirkan.

6.    Bahwa sikap TERGUGAT menunjukkan itikad yang tidak baik dan menimbulkan kerugian materiil dan inmateriil pada PENGGUGAT.

7.    Bahwa sehubungan dengan hal itu PENGGUGAT berkepentingan untuk memohon pertolongan Pengadilan Negeri ( --------------------------------------- ), agar TERGUGAT melaksanakan kewajiban kekuarangan pembayarannya tersebut.

8.    Tuntutan ini dilakukan berdasarkan surat yang mempunyai kekuatan pembuktian yang memungkinkan agar keputusan ini dapat dijalani lebih dahulu walaupun diadakan perset atau bandingan.


Maka :


PENGGUGAT bersama ini mohon ke hadapan Pengadilan Negeri ( --------------------------------------- ) agar berkenan memutuskan dengan keputusan yang dapat dijalani lebih dahulu;

1.    Memerintahkan kepada TERGUGAT dalam jangka waktu [( -------- ) ( ------ jumlah dalam huruf ------ )] minggu setelah keputusan ini untuk melunasi kekurangan pembayaran sebesar [(Rp. -------------------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )] kepada PENGGUGAT dengan ketentuan bahwa apabila TERGUGAT lalai untuk memenuhi kewajibannya, TERGUGAT dihukum membayar uang paksa sebesar [(Rp. -------------------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )] untuk tiap-tiap hari kelalaiannya.

2.    Memberikan hukuman kepada TERGUGAT untuk membayar seluruh biaya yang timbul dari perkara ini.
  

Demikian gugatan ini kami ajukan, atas perhatian Majelis Hakim yang terhormat, kami ucapkan terima kasih.



        ( ---- tempat --- ), ( --- tanggal, bulan, dan tahun --- )
                                         Hormat kami,





                                  [ ------------------------------- ]
Loading...
Previous
Next Post »