-->

Ini Contoh berisi kumpulan contoh surat lengkap, surat lamaran, surat permohonan, surat resmi, cv lamaran, contoh proposal, proposal bisnis, proposal permohonan, RAB & Lampiran proposal, Proposal Sponsorship, Contoh project plan, contoh pidato, pidato berbagai bahasa, contoh MC, contoh makalah, makalah ekonomi, makalah bisnis, semua yang berkaitan dengan administrasi sekolah dan pendidikan.

Loading...

Contoh Surat Gugatan Hutang Piutang Uang

Loading...
Contoh surat gugatan hutang piutang uang – Masalah urusan hutang piutang selalu tidak lepas dari permasalahan-permasalahan yang muncul. Permasalahan itu muncul bisa dari pihak yang berhutang atau dari pihak yang memberi utang. Biasanya dalam urusan hutang piutang dilakukan penandatanganan surat pernyataan dan perjanjian diantara kedua belah pihak. Dalam surat perjanjian hutang itu misalnya hutang di bank, biasanya disebutkan bahwa jika terjadi masalah dalam pembayaran atau hal lain maka keduanya bisa melakukan gugatan menurut hukum yang berlaku.

Maksud ini contoh disini yaitu ingin bagikan contoh surat gugatan hutang piutang bagi Anda yang memerlukan contoh surat seperti ini.

SURAT GUGATAN HUTANG – PIUTANG


Perihal : Gugatan Utang – Piutang


Kepada,
Yth. Ketua Pengadilan Negeri ( --------------------------------------- )
Di
 ( --------------------------------------- )


Mempermaklumkan dengan hormat,

(---------------- n a m a ------------------), ( ------- u m u r --------), (------------pekerjaan ---------), ( ------------ alamat lengkap --------- ), ( ---------nomer KTP / SIM --------- ), dalam hal ini memilih domisili hukum di ( -------- t e m p a t ------------ ) di kantornya ( --------------- nama pengacara --------------- ) Pengacara di ( ----------------  alamat lengkap -----------------  ) yang surat kuasanya menurut surat kuasa terlampir akan menandatangani dan mengajukan surat permohonan ini, yang selanjutnya disebut PIHAK PENGGUGAT; bahwa PIHAK PENGGUGAT bersama ini akan menuntut (---------------- n a m a ------------------), (------------pekerjaan ---------), ( ------------ alamat lengkap --------- ) yang selanjutnya disebut PIHAK TERGUGAT.

Adapun dalil-dalil gugatan PIHAK PENGGUGAT adalah sebagai berikut:

1.    Bahwa PIHAK TERGUGAT pada tanggal ( ------ tanggal, bulan, dan tahun ----- ) meminjam uang kepada PIHAK PENGGUGAT sebesar [(Rp. ----------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )] dengan perjanjian di atas materai.
2.    Bahwa PIHAK TERGUGAT berjanji akan memberikan bunga atas pinjaman tersebut sebesar [(------ ) % ( --- jumlah dalam huruf ---)] persen atau sejumlah [(Rp. ------------,00) (---- jumlah uang dalam huruf ---- )] per bulan hingga pelunasan keseluruhan hutang PIHAK TERGUGAT tersebut.
3.    Bahwa hutang berikut bunga yang harus dibayarkan PIHAK TERGUGAT keseluruhannya berjumlah:

a.    Hutang pokok = [(Rp. ----------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )]
b.    Bunga          =  [(Rp. ----------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )] X ( ------ ) bulan = [(Rp. ----------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )].
c.    Jumlah keseluruhan yang harus dibayar PIHAK TERGUGAT adalah [(Rp. ----------------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )].

4.    Bahwa setelah jatuh tempo PIHAK TERGUGAT harus membayar hutang beserta bunganya terhadap PIHAK PENGGUGAT melalui Rekening PIHAK PENGGUGAT pada Bank ( --------- nama dan alamat lengkap Bank yang dimaksud --------- ) dengan nomor rekening: -------------------------------
5.    Bahwa hingga saat ini PIHAK TERGUGAT belum juga membayar hutang berikut bunga yang harus dibayarkannya.
6.    Bahwa PIHAK PENGGUGAT telah berulangkali menegur, baik secara lisan maupun tertulis.
7.    Bahwa akibat itikad tidak baik dari PIHAK TERGUGAT menimbulkan kerugian materiil dan inmateriil pada PIHAK PENGGUGAT.
8.    Bahwa PIHAK PENGGUGAT karena itu, berkepentingan untuk memohon pertolongan Pengadilan Negeri ( --------------------------------------- ), agar PIHAK TERGUGAT diperintahkan dengan ancaman uang paksa untuk melaksanakan kewajiban pembayarannya tersebut.


Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka kami untuk dan atas nama PIHAK PENGGUGAT mohon kepada Majelis Hakim yang terhormat yang memeriksa dan mengadili perkara ini berkenan untuk memberikan putusan sebagai berikut:


PRIMAIR:

1.    Menerima dan mengabulkan gugatan PIHAK PENGGUGAT seluruhnya.
2.    Menghukum PIHAK TERGUGAT untuk membayar kepada PIHAK PENGGUGAT sebesar [(Rp. -----------------,00) (------ jumlah uang dalam huruf ------ )].
3.    Menghukum PIHAK TERGUGAT untuk membayar seluruh biaya yang timbul dari perkara ini.


SUBSIDAIR:

Apabila Majelis Hakim yang terhormat berpendapat lain, mohon putusan yang seadil-adilnya (ex acequo et bono).


Demikian gugutan ini kami ajukan, atas perhatian Majelis Hakim yang terhormat, kami ucapkan terima kasih.



        ( ---- tempat --- ), ( --- tanggal, bulan, dan tahun --- )
                          Hormat Pengacara Penggugat,





                                  [ ------------------------------- ]
Loading...
Previous
Next Post »